Pemberdayaan guru sekolah dasar dalam menerapkan authentic assesment

Afib, Rulyansah and Rizqi, Putri Nourma Budiarti and Rachma, Rizqina Mardhotillah and Jauharotur, Rihlah and Rifka, Putr Wardhani (2022) Pemberdayaan guru sekolah dasar dalam menerapkan authentic assesment. Indonesia Berdaya, 3 (4). pp. 779-786. ISSN 2721-0669

[thumbnail of 2721-0669_3_4_2022-7.pdf]
Preview
Text
2721-0669_3_4_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (442kB) | Preview

Abstract

Telah terjadi peningkatan pentingnya penilaian proses sebagai akibat dari penekanan kurikulum 2013 pada pembelajaran berbasis aktivitas. Penilaian otentik diperlukan sebagai pengganti evaluasi berbasis pengujian, yang hanya mengukur kompetensi pengetahuan (mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Kurikulum 2013 menekankan pentingnya pengujian dunia nyata. Ini adalah penilaian lengkap yang melihat input, proses, dan hasil pembelajaran. Masalah dunia nyata, bukan masalah kelas, harus menjadi fokus evaluasi otentik. penerapan berbagai teknik dan standar holistik (kompetensi yang lengkap mencerminkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap). Penilaian yang benar tidak hanya berfokus pada seberapa banyak yang diketahui siswa, tetapi pada seberapa banyak yang dapat mereka lakukan. Penilaian otentik memerlukan guru yang berpengalaman dalam kesulitan yang dihadapi siswa di dunia nyata. Kurikulum baru tahun ini mengharuskan instruktur untuk menggunakan jenis penilaian baru, tetapi sebagian besar belum mengembangkannya. Penilaian kinerja, evaluasi produk, dan penilaian proyek adalah contoh penilaian otentik yang dimaksud. penilaian), evaluasi emosional, dan penilaian portofolio adalah contoh lebih lanjut dari penilaian otentik. Kompetensi pedagogik guru dapat ditingkatkan dengan kegiatan in-house training, yang dapat didasarkan pada fakta-fakta yang disajikan di atas mengenai keadaan guru. Untuk meningkatkan kemampuan instruktur dalam menyusun dan menyusun formulir penilaian otentik, seperti evaluasi kinerja, evaluasi produk, evaluasi proyek, evaluasi afektif dan evaluasi portofolio, tujuan dari latihan ini adalah untuk (penilaian portofolio).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian otentik, Kegiatan belajar mengajar, Learning processes, Primary school teachers, Curriculum
Subjects: Administration & Management
Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: I Made Budhi Gautama
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:02
Last Modified: 14 Aug 2024 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46698

Actions (login required)

View Item
View Item