Pengaruh aktivitas fisik senam dengan tekanan darah pada ibu rumah tangga yang didiagnosis hipertensi di Puskesmas Carenang Kabupaten Serang.

Festy, Ladyani and Anggunan, Anggunan and Adrian, Rival and Dede, Rifki Zulkifli (2024) Pengaruh aktivitas fisik senam dengan tekanan darah pada ibu rumah tangga yang didiagnosis hipertensi di Puskesmas Carenang Kabupaten Serang. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11 (5). pp. 876-882. ISSN 2355-7583

[thumbnail of Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan)
2355-7583_11_5_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Preview

Abstract

Hipertensi atau yang sering disebut darah tinggi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang merupakan masalah di Indonesia. Hipertensi adalah keadaan dimana seseorang dinyatakan mengalami peningkatan tekanan darah di atas batas normaL. Bagi penderita hipertensi, olahraga dapat membantu sehingga tidak perlu mengonsumsi obat penurun tekanan darah, salah satu olahraga atau aktivitas fisik yang dapat dilakukan adalah senam. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh aktivitas fisik senam dengan tekanan darah pada ibu rumah tangga yang didiagnosis hipertensi di Puskesmas Carenang Kabupaten Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan sampel sebanyak 32 orang. Analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test. Diketahui Rerata tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum aktivitas fisik senam adalah 157.50 mmHg dan 82.81 mmHg. Sesaat setelah senam didapatkan rerata tekanan darah sistolik dan diastolik meningkat menjadi 190.63 mmHg dan 93.44 mmHg. 20 menit sesudah senam mengalami penurunan kembali menjadi 156.00 mmHg dan 81.25 mmHg.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas fisik senam, Ibu rumah tangga, Hipertensi, Hypertension, Exercise therapy, Housewives
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Medicine & Biology
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 13 Aug 2024 11:10
Last Modified: 13 Aug 2024 11:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46655

Actions (login required)

View Item
View Item