Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan penggunaan zinc pada kasus diare anak balita di Puskesmas Bandarharjo Semarang.

Cici, Rezkika Nasution and Aisyah, Lahdji and Nina, Anggraeni Noviasari (2024) Hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan penggunaan zinc pada kasus diare anak balita di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11 (5). ISSN 2355-7583

[thumbnail of Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan)
2355-7583_11_5_2024-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penyebab utama kematian diare adalah penatalaksanaan yang tidak tepat baik di rumah maupun anjuran kesehatan, bahwa masih banyak ibu yang belum mengetahui dengan benar tentang penggunaan zinc yang akan berdampak pada tingginya kasus diare yang terjadi pada anak balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan penggunaan zinc pada kasus diare pada balita di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang mempunyai balita yang menderita diare di Puskesmas Bandarharjo Semarang berjumlah 46 responden dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah rekam medis, angket data demografi, angket pengetahuan ibu, dan angket sikap ibu, data diolah dengan uji Chi-Square. Hasil uji statistik ditemukan hubungan pengetahuan dengan penggunaan zinc dengan p = 0,001 (p≤0,05) dan PR=10,080, serta hubungan sikap ibu dengan penggunaan zinc dengan p = 0,000 (p≤0,05) dan PR= 14.000. Penelitian ini menunjukkan bahwa ibu yang memiliki pengetahuan cukup atau baik akan memiliki sikap yang mendukung penggunaan zinc.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Penggunaan zinc, Diare, Diarrhea, Zinc
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 13 Aug 2024 12:49
Last Modified: 13 Aug 2024 12:49
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46653

Actions (login required)

View Item
View Item