Alemina, Alemina (2009) Seluk beluk produk bermerek dari produsen ke konsumen. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1 (2): 10. pp. 279-286. ISSN 1979-8946
1979-8946_1_2_2009-10.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Hampir semua produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan diberi merek. Bahkan produk-produk yang sebelumnya lidak memerlukan merek, misalnya jeruk, apel, beras dan garam, sekarang sudah memerlukan merek. Akibatnya, sudah lidak asing lagi bila dimana-mana ditemui nama-nama seperti Apel Washington dan Jeruk Mandarin. Namun, tidak semua produk memerlukan merek tetapi cukup diberi label saja, seperti makanan burung, obat generik dan garam beryodium. Biasanya, keputusan pembelian (purchase decision) konsumen adalah membeli merek yang paling disukai dan keputusan pembelian. Ekuitas merek merupakan seperangkat aset yang dimiliki nama atau simbol yang dapat menambah atau mengurangi nilai suatu produk. Kalau nilai positif, maka ekuitas merek menjadi aset. Sebaliknya, nilai negatif, maka ekuitas merek menjadi kewajiban. Sebagai kewajiban, merek justru menyumbangkan nilai negatif pada produk. Setiap mereka memiliki nilai-nilai fungsional, emosional dan ekspresi diri. Terdapat 5 (lima) saluran distribusi produk yang dihasilkan suatu perusahaan kepada konsumen. Harga merupakan nilai dari suatu barang yang secara umum dinyatakan dalam bentuk tukar mata uang. Promosi merupakan salah satu unsur dari pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk berkomunikasi atau memberikan informasi dalam mempengaruhi pasar bagi produk suatu perusahaan. Terdapat 4 (empat) media promosi yang dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan produk suatu perusahaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produk bermerk, Marketing techniques, Make-or-buy decisison ,Brand name products |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 11 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 11 Aug 2024 01:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/46429 |