Pengaruh gerakan yoga gaya nalasana (child pose) dalam pengurangan dismenorhoe pada remaja putri di SMK Pasundan Jatinangor.

Ina, Sugiharti and Cici, Valiani and Supriyatni, Kartadarma and Intan, Davina Putri (2024) Pengaruh gerakan yoga gaya nalasana (child pose) dalam pengurangan dismenorhoe pada remaja putri di SMK Pasundan Jatinangor. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11 (3). pp. 544-549. ISSN 2355-7583

[thumbnail of Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan)
2355-7583_11_3_2024-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB) | Preview

Abstract

Dismenore adalah keadaan nyeri yang terjadi akibat terjadinya keram pada otot uterus saat terjadi menstruasi. Dampak yang dapat terjadi akibat dismenore adalah aktivitas sehari-hari terganggu. Upaya yang dilakukan dapat berupa secara non-farmakologis. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh gerakan yoga gaya balasana (child pose) dalam pengurangan dismenorhoe setelah dan sebelum diberikan gerakan gaya balasana (child pose) Pada Remaja Putri. Metode : one group pretest-posttest design. Tehnik pengambilan sampel dengan consecutive sampling, jumlah sampel 33 responden dengan tingkat skala nyeri sedang. Analisis data menggunakan wilcoxon. Hasil : didapatkan bahwa rata-rata sebelum dan sesudah diberikan senam dismenore ρ-value 0.000 <0.05. Artinya terdapat pengaruh gerakan yoga gaya balasana (child pose) dalam pengurangan dismenorhoe pada remaja putri. Kesimpulan : yoga gaya balasana efektif dalam menurunkan tingkat nyeri dismenore.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Remaja putri, Adolescent, Teenage girls, Dysmenorrhea, Yoga
Subjects: Health Resources
Medicine & Biology
Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 11 Aug 2024 08:04
Last Modified: 11 Aug 2024 08:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46407

Actions (login required)

View Item
View Item