Gambaran gejala klinis dan hubungan perilaku personal hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda.

Jihan, Hasna Qurotu’aini and Mona, Zubaidah and Khairunnida, Rahma (2024) Gambaran gejala klinis dan hubungan perilaku personal hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11 (3). pp. 450-455. ISSN 2355-7583

[thumbnail of Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan)
2355-7583_11_3_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Skabies merupakan infestasi parasit yang dapat menimbulkan ruam dan rasa sangat gatal pada kulit. Skabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei var. Hominis. Tingginya prevalensi skabies disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah praktik hygiene yang tidak benar seperti kurangnya perawatan kebersihan pribadi, kebiasaan tidur bersama, bergantian memakai pakaian dan handuk, seringnya perjalanan ke tempat yang berisiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gejala klinis dan mengetahui hubungan perilaku Personal Hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Analitik Observasional dengan pendekatan cross-sectional, total jumlah santri di pesantren ini adalah 149 santri dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat Personal Hygiene kurang sebanyak 85 responden (66,9%), dan tingkat Personal Hygiene baik sebanyak 42 responden (33,1%). sebanyak 24 responden (18,9%) terdiagnosis skabies. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan hasil nilai p-value adalah p = 0,003 (p<0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku Personal Hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku personal hygiene, Kejadian skabies, Scabies, Hygiene
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:20
Last Modified: 09 Aug 2024 06:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46361

Actions (login required)

View Item
View Item