Hubungan self-regulated learning dengan kecemasan pada mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Laura, BS Huwae and Rachmawati, Dwi Agustin and Alessandra, F Saija and Johan, B Bension (2024) Hubungan self-regulated learning dengan kecemasan pada mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11 (1). pp. 100-107. ISSN 2355-7583

[thumbnail of Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan]
Preview
Text (Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan)
2355-7583_11_1_2024-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Preview

Abstract

Kecemasan akademis adalah perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, perasaan tersebut dapat mengganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademis. Oleh sebab itu, dibutuhkan
penerapan self-regulated learning yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan dapat digunakan sebagai indikator pencapaian prestasi akademik mahasiswa dimana self-regulated learning berperan sebagai upaya strategi belajar mandiri
terkait pengolahan pikiran, perasaan dan tindakan yang berpengarh pada pencapaian tujuan akademik. Mahasiswa diharapkan mempersiapkan strategi pengaturan diri
dalam belajar, sehingga memperoleh hasil berupa nilai yang maksimal. Pada penelitian ini, permasalahan merujuk pada kecemasan yang dikarenakan adanya kendala dalam penerapan self-regulated learning. Oleh sebab itu, penelitian ini
bertujuan untuk melakukan analisis mengenai hubungan self-regulated learning terhadap kecemasan pada mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif dan menggunakan desain cross sectional. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan mahasiswa dengan self-regulated Learning tinggi sejumlah 59%
responden dan mahasiswa yang tidak mengalami cemas sejumlah 82,1% responden dengan nilai p 0,959 (p > 0,05) yang dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan kecemasan
mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Mahasiswa kepaniteraan klinik, Self-regulated learning, Anxiety, Universities and colleges, University students
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Medicine & Biology
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:41
Last Modified: 07 Aug 2024 02:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/46116

Actions (login required)

View Item
View Item