Penerapan media gambar sebagai media evaluasi penguasaan kosakata nama-nama profesi Bahasa Arab

Lalu, Surya Jagat and Wulan, Indah Fatimatul Djamilah and Sari, Uswatun Hasanah and Afif, Alfiyanto and Fitri, Hidayati (2023) Penerapan media gambar sebagai media evaluasi penguasaan kosakata nama-nama profesi Bahasa Arab. Indonesia Berdaya, 4 (1): 41. pp. 325-334. ISSN 2721-0669

[thumbnail of 2721-0669_4_1_2023-41.pdf]
Preview
Text
2721-0669_4_1_2023-41.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (488kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada anak-anak TPA di Kota Daro 1, Rantau Panjang, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pengajaran terkait pendidikan yang dialami di Desa Kota Daro I itu sendiri terutama di bidang keagamaan khususnya di bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk mengajarakan kosa kata nama-nama profesi dalam bahasa Arab menggunakan media gambar dengan tujuan agar anak anak mengetahui kosa kata profesi serta membuat ketertarikan dengan bahasa Al-Qur’an tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang kegiatan penelitiannya dilakukan dilapangan dimana peneliti menjelaskan secara merinci dan mendalam data yang didapat dengan kata dan kalimat sehingga mendapatkan makna pristiwa, interaksi dan data tertulis dari lapangan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan motode bernyanyi dan dibantu media berupa gambar dapat membantu anak-anak dalam menguasai kosa kata nama-nama profesi yang telah diajarkan. Untuk mencapai tujuan dalam pebembelajaran bahasa Arab peneliti merekomendasikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan daya tarik dan memfokuskan perhatian anak untuk berkonsentrasi pada materi pelajaran dan dapat membantu guru untuk menciptakan suasana dan kondisi belajar yang tidak membosankan dan monoton.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Application, Image media, Evaluation media, Vocabulary mastery, Teaching materials, Arabic language, Vocabulary
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: Herlita Meidina
Date Deposited: 04 Aug 2024 07:40
Last Modified: 04 Aug 2024 07:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/45788

Actions (login required)

View Item
View Item