Destita, Shari and Andini, Hardingrum and Berda, Asmara and Machmudah, Machmudah and Mujad, Didien Afandi (2023) Pendampingan guru Pos PAUD Terpadu dalam pembuatan media pembelajaran pada anak. Indonesia Berdaya, 4 (1): 29. pp. 235-238. ISSN 2721-0669
2721-0669_4_1_2023-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (151kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah diperlukan peran guru dalam mengarah, membimbing dan memberikan pengetahuan untuk peserta didik. Pada proses pembelajaran pada anak usia dini diperlukan perencanaan pembelajaran dan media pembelajaran pada kegiatan belajar. Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut pendidik diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan dan pengetahuan yang di dapatkan melalui kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif. Lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Pos Paud Terpadu, Sekar Wangi Surabaya. Metode yang dilaksanakan pada pendampingan pembuatan media pembelajaran adalah identifikasi permasalahan, diskusi, evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pelaksanaan pendampingan pembuatan media pembelajaran untuk pendidik Pos PAUD Terpadu sangat efektif untuk pendidik. Ketercapaian pelaksanaan kegiatan pendampingan terdiri dari kesesuaian perencanaan pembelajaran, media pembelajaran yang disesuaikan dengan rancangan kegiatan, Implementasi pendidik diwajibkan untuk merancang kegiatan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan, menyampaikan dalam proses kegitan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru pos Paud terpadu, Media pembelajaran, Learning media, Preschool teachers, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Herlita Meidina |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 06:22 |
Last Modified: | 04 Aug 2024 06:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/45740 |