Dzulkifli, Noor (2024) Metodologi memahami nash Al-Qur’an dan teks hadis yang bersifat umum dan khusus dalam pembelajaran ushul fiqh. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2 (1): 4. pp. 213-226. ISSN 3026-4332
3026-4332_2_1_2024-4.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Al-Qur’an dan Hadis tertulis secara tekstual dalam Bahasa Arab. Hal ini karena dakwah Islam yang disampaikan Rasulullah SAW berawal dari Mekkah dan Madinah di Jazirah Arab. Al-Qur’an diturunkan Allah SWT dalam Bahasa Arab begitu pula penyampaian sabda Rasulullah SAW menggunakan bahasa kaumnya (Bahasa Arab). Untuk memahami nash Al-Qur’an dan teks Hadis yang berbahasa Arab diperlukan keilmuan berupa teori kebahasaan yang baik. Di antara teori kebahasaan yang berkembang di dalam memahami Al-Qur’an dan hadis adalah Metode al-Aam dan al-Khash. Kedua metode ini diadopsi para Ulama ke dalam Ushul Fiqh, Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadis sebagai alat istinbath (menetapkan atau menyimpulkan) hukum. Metode al-Aam dan al-Khash mengkaji pemahaman kata dan kalimat dalam sebuah teks. Al-Qur’an dan hadis adalah ajaran Islam dalam bentuk perintah dan larangan yang tertulis dalam bentuk teks. Menguasai metode al-Aam dan al-Khash adalah kompetensi yang sangat dibutuhkan dalam memahami teks al-Qur’an dan Hadis. Metode ini menjadi bagian dari kompetensi yang harus dimiliki Ulama dan Pengkaji Hukum Islam dalam mengambil istinbath hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan kajian teks-teks atau naskah (filologi) keagamaan berupa nash Al-Qur’an dan Hadis dengan pendekatan wacana linguistik, yaitu membatasi wilayah kajian pada unsur-unsur lingusiti
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metodologi, Nash Al-Qur’an, Teks Hadis, Ushul Fiqh, Koran, Hadith, Islamic education, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | M. Rifky Fauzan |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 11:30 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 11:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/45593 |