Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta

Hidayah, Hidayah and Muhammad, Khiyarunnas (2024) Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2 (1): 5. pp. 227-243. ISSN 3026-4332

[thumbnail of 3026-4332_2_1_2024-5.pdf]
Preview
Text
3026-4332_2_1_2024-5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius di SMPN 101 Jakarta sudah sangat baik. Guru Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi dan metode keteladanan dan pembiasaan terhadap siswanya. Dengan memberikan keteladanan yang baik dari sikap maupun perbuatan serta membuat program-program keagaaman, diharap dapat membentuk karakter religius siswa. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di SMPN 101 Jakarta diantaranya adalah: memiliki pondasi keagamaan yang kuat, membaca Al-Qur’an dengan baik, moral yang bagus, tangung jawab dan dapat mengarahkan siswa kepada kebaikan dengan pendekatan yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam pembentukan karakter diantaranya adalah : Metode Keteladanan, Pembiasaan, Targhib dan Tarhib, dan Dialog dan Tanya Jawab. Keberhasilan pembentukan karakter di SMPN 101 Jakarta bisa dikatakan sudah baik. Kendati demikian, masih belum bisa dikatakan sempurna. faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 101 Jakarta dipengaruhi oleh : standar isi kurikulum yang digunakan, kepemimpinan kepala sekolah, peran guru pai, komitmen seluruh warga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : Pengaruh media yang negatif, pengaruh teman sebaya, lingkungan yang kurang mendukung, dan kurangnya motivasi atau kesadaran diri sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peran guru pendidikan agama Islam, Pembentukkan karakter siswa, Islamic education, Character building, Secondary education, Secondary school students
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: M. Rifky Fauzan
Date Deposited: 01 Aug 2024 09:08
Last Modified: 01 Aug 2024 09:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/45592

Actions (login required)

View Item
View Item