Pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa di MA Al Islamiyah Kebayoran Lama

Salmah, Baabud (2024) Pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa di MA Al Islamiyah Kebayoran Lama. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2 (1): 2. pp. 179-194. ISSN 3026-4332

[thumbnail of 3026-4332_2_1_2024-2.pdf]
Preview
Text
3026-4332_2_1_2024-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas di MA Al-Islamiyah kebayoran lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar peserta didik kelas XII di MA Al-Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Dari paparan hitungan interprestasi dengan uji signifikansi (thitung). Telah diketahui bahwa df = 36 maka taraf signifikasi terhadap ttabel yaitu 5% 1,688. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan taraf signifikasi 5% adalah 3,081 > 1,688. Dengan demikian untuk taraf signifikasi 5%, hipotesi alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk taraf signifikasi 5%. pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah signifikan atau Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa korelasi antara X dengan Y signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Minat belajar, Interest (learning), Learning methods, Koran, Hadits
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: M. Rifky Fauzan
Date Deposited: 01 Aug 2024 09:16
Last Modified: 01 Aug 2024 09:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/45591

Actions (login required)

View Item
View Item