Salmah, Baabud (2024) Pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa di MA Al Islamiyah Kebayoran Lama. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2 (1): 2. pp. 179-194. ISSN 3026-4332
3026-4332_2_1_2024-2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul, pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas di MA Al-Islamiyah kebayoran lama. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara penerapan metode hafalan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis terhadap minat belajar peserta didik kelas XII di MA Al-Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan inferensial. Dari paparan hitungan interprestasi dengan uji signifikansi (thitung). Telah diketahui bahwa df = 36 maka taraf signifikasi terhadap ttabel yaitu 5% 1,688. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan taraf signifikasi 5% adalah 3,081 > 1,688. Dengan demikian untuk taraf signifikasi 5%, hipotesi alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk taraf signifikasi 5%. pengaruh penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits adalah signifikan atau Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa korelasi antara X dengan Y signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Metode hafalan, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Minat belajar, Interest (learning), Learning methods, Koran, Hadits |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | M. Rifky Fauzan |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 09:16 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 09:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/45591 |