Khoirul, Muhdor (2024) Strategi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di MI Emirattes Al-Musonnif Islamic School. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 2 (1): 1. pp. 161-178. ISSN 3026-4332
3026-4332_2_1_2024-1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran siswa dalam baca tulis Al-Qur’an dan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Emirattes Al-Musonnif Islamic School. Metode penelitian menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa strategi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Qur’an pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Emirattes Al-Musonnif Islamic School ada dua macam, yaitu strategi intrinsik dan strategi ekstrinsik. Setiap siswa tidak hanya memiliki satu cara saja, akan tetapi satu siswa paling minimal memiliki dua, baik itu sstrategi yang bersifat intrinsik maupun strategi yang bersifat ekstrinsik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan memberikan pengalaman kepada pendidik dan siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Baca tulis Al-Qur’an, Kemampuan menghafal Al-Qur’an, Koran, Learning methods, Islamic education, Upper secondary education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | M. Rifky Fauzan |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 11:49 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 11:49 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/45586 |