Strategi humas PLN Tempeh dalam meningkatkan citra perusahaan

Fadia, Bella Rossita (2023) Strategi humas PLN Tempeh dalam meningkatkan citra perusahaan. MEDIAKOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6 (2): 6. pp. 215-228. ISSN 2580-1899

[thumbnail of 2580-1899_6_2_2023-6.pdf]
Preview
Text
2580-1899_6_2_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (259kB) | Preview

Abstract

Sebagai satu satunya perusahaan yang diserahkan tanggung jawab dalam bidang kelistrikan Nasional. PLN (Persero) merupakan salah satu perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik, telekomunikasi, dan juga perusahaan yang paling berpengaruh dan bertahan di Indonesia. PLN ini adalah salah satu agen listrik yang berhubungan sangat erat, bertugas untuk membangun kegiatan usaha yang berkaitan dengan listrik dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga mendorong peningkatan ekonomi. Sebuah perusahaan pastinya sangat membutuhkan adanya humas, karena humas memiliki peran dan tugas yang sangat penting. PLN terus berusaha untuk menciptakan strategi dan inovasi baru dalam memuaskan pelanggan dan tetap berupaya memperhatikan peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Kesuksesan PLN sangatlah ditentukan oleh keberhasilan seorang humas dalam mempertahankan reputasi atau citra positif di masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan studi pustaka dengan analisis data menggunakan langkah langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Data yang yang didapatkan yaitu dengan cara mendapatkan data yang actual dan fakta. Dalam penelitian ini teori yang digunakan yaitu teori citra. Hasil penelitian yang diperolehkan yaitu mengetahui strategi humas PLN dalam meningkatkan citra perusaahaan adalah dengan melaluimedia elektronik dan media social dan juga PLN mengahadirkan aplikasi yang dapat mempermudah masyarakat yaitu PLN Mobile. Dan juga mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap strategi yang telah dilakukan humas PLN, respon yang disampaikan masyarakat sangat positif terhadap aplikasi yang mempermudah pelanggan dalam membayar listrik prabayar dan pascabayar, mereka juga dapat mengaktifkan notifikasi tentang pemadaman listrik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Humas, Perusahaan Listrik Negara, Private ownership, Strategy, Public relations
Subjects: Administration & Management
Administration & Management > Management Practice
Depositing User: M. Rifky Fauzan
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:57
Last Modified: 01 Aug 2024 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/45519

Actions (login required)

View Item
View Item