Hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung

Ria, Mu'alifah and Aryanti, Wardiyah and M., Ricko Gunawan (2024) Hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Manuju : Malahayati Nursing Journal, 6 (5): 34. pp. 2144-2156. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728 _6_5_2024-34.pdf]
Preview
Text
2655-2728 _6_5_2024-34.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (263kB) | Preview

Abstract

Data pendahuluan dari 15 pasien ditemukan 10 responden (66,7%) memiliki rasa kurang puas dengan ketersediaan fasilitas pelayanan di RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, pasien menyebutkan jika perawat melakukan tindakan penggantian infus dan pelepasan infus tanpa membawa baki, perawat hanya membawa bengkok dan wadah kom kapas alkohol. Selain itu pasien juga mengeluhkan bed pasien yang keras, laken/ sprei yang tidak nyaman. Kemudian 5 responden lainnya (33,3%) memiliki rasa puas dengan fasilitas yang diberikan oleh Rumah Sakit, meliputi tersedianya kamar mandi yang bersih, tersedianya kotak sampah, ventilasi dan pencahayaan yang baik. Untuk mengetahui hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, rancangan penelitian menggunakan survey dengan pendekatan cross sectional. P Populasi dalam penelitian ini adalah klien yang melakukan rawat inap di Ruang E4 RSUD DR. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung pada bulan November sebanyak 320 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data univariat dan bivariat Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga didapat sampel 178 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli tahun 2023. Analisa data menggunakan uji univariate dan bivariate menggunakan uji chi square. Sebagian besar responden menyatakan fasilitas dengan kategori baik sebanyak 91 responden (51,1%). Sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 100 responden (56,2%). Hasil analisa data menggunakan uji chi square didapat nilai p-value = 0.000 (< α 0,05) yang artinya ada hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Diharapkan pula, bagi tenaga medis dan para medis perlu memberikan pelayanan yang tepat sesuai prosedur yang ditetapkan seperti memberikan perhatian kepada setiap pasiennya dan memberi informasi kesehatan yang jelas kepada pasien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Tingkat kepuasan, Pasien, Health services, Client satisfaction, Day care services, Hospitals
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Utilization
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Sep 2024 13:03
Last Modified: 04 Sep 2024 13:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/42600

Actions (login required)

View Item
View Item