Dewi, Lestari and Mariyani, Mariyani (2024) Pengaruh alat permainan lego terhadap perkembangan kognitif anak usia dini 4-5 tahun di PAUD Arriyadatul Badi’ah. Manuju : Malahayati Nursing Journal, 6 (5): 20. pp. 1972-1981. ISSN 2655-2728
2655-2728 _6_5_2024-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (247kB) | Preview
Abstract
Menuruut WHO tahun 2021 melaporkan bahwa 5-25% dari anak-anak usia dini menderita disfungsi otak minor, termasuk gangguan perkembangan motorik halus. Untuk mengetahui pengaruh alat permainan edukatif Lego terhadap perkembangan kognitif pada Anak Usia Dini (4-5 Tahun) di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang Tahun 2023. Menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan The one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang mengikuti kegiatan belajar di PAUD Arriyadul Badi’ah berjumlah 40 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analis bivariate menggunakan uji Wilcoxcone. Hasil Uji Paired sampel t test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh permainan lego terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (4-5 Tahun) Di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang. Simpulan di dapatkan permainan lego berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia dini (4-5 Tahun) Di PAUD Arriyadul Badi’ah Kab. Karawang. Disaran dalam penelitian ini untuk Institusi pendidikan, untuk tempat penelitian, untuk responden dan untuk peneliti selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan lego, Perkembangan kognitif, Anak usia dini, Educational games, Cognitive processes, Early childhood education, Preschool education |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/42416 |