Al, Khairul Rizwan and M., Arifki Zainaro and Dewi, Kusumaningsih (2024) Hubungan kualitas fasilitas kesehatan dan komunikasi perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Krui. Manuju : Malahayati Nursing Journal, 6 (5): 15. pp. 1919-1929. ISSN 2655-2728
2655-2728 _6_5_2024-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (233kB) | Preview
Abstract
Sepuluh tahun terakhir ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pusat pelayanan kesehatan semakin menurun. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan pengukuran tingkat kepuasan pasien, yang mana menurut peraturan Menteri Kesehatan 2019 kepuasan pasien terhadap pelayanan haruslah 100%. Fasilitas kesehatan dan juga komunikasi perawat merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan seorang pasien, karena fasilitas kesehatan dan komunikasi perawat adalah hal pertama yang akan dinilai oleh pasien ketika ia berada di suatu pusat pelayanan kesehatan. Diketahui hubungan antara fasilitas kesehatan dan komunikasi perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Krui Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dimana rancangan dalam penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien UPTD Puskesmas Krui, terhitung 109 Pasien pada bulan Januari 2023, sehingga didapati sampel berjumlah 86 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Pada penelitian ini mayoritas responden adalah dengan usia pra lanjut usia, jenis kelamin terbanyak adalah perempuan dan hasil analisis menunjukan p-value 0,001 (<0,05) yang berarti ada hubungan yang signifikan antara fasilitas kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien, hasil analisis menunjukan nilai p-value 0,001 (<0,05). Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Krui pada tahun 2023.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas kesehatan, Komunikasi perawat, Kepuasan, Health facilities, Patient satisfaction, Community health centers, Nurses, Communication |
Subjects: | Health Resources > Health Services Health Resources > Health Care Needs & Demands Health Resources > Health Care Utilization |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 13:57 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 13:57 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/42373 |