Nur Sitti, Khumairoh (2010) Aplikasi teori antrian sebagai usaha optimalisasi jumlah server pada bengkel "AHASS" Waru Jaya Motor I dan Waru Jaya Motor II di Sidoarjo. JAMSWAP : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen STIE Walisongo Pasuruan, 1 (1): 2. pp. 14-24. ISSN 2086-3659
2086-3659_1_1_Oktober_2009-2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
AHASS adalah Pusat Pelayanan dan Perbaikan Kendaraan Bermotor Khusus Honda. Karena banyaknya produk Honda yang beredar di pasar maka tingkat kesibukan pada suatu bengkel AHASS pun cukup tinggi. Untuk itu diperlukan suatu strategi untuk menentukan jumlah server yang optimal. Dalam menentukan jumlah server bengkel "AHASS" Waru Jaya Motor I dan Waru Jaya Motor II didasarkan pada biaya total yang terjadi. Analisa antrian dalam Penelitian ini menggunakan model (M/M/c): (FCFS/N/∞), dimana bengkel "AHASS" Waru Jaya Motor I memiliki rata-rata kedatangan λ 11,28 unit/jam dengan rata-rata pelayanan μ 1,93 unit/jam/server. Sedangkan bengkel 'AHASS' Waru Jaya Motor II memiliki rata-rata kedatangan λ 10,91 unit/jam dengan rata-rata pelayanan μ 1,94 unit/jam/server. Dari hasil analisa antrian bengkel "AHASS" Waru Jaya Motor I kondisi optimal terjadi pada kondisi server sebanyak tujuh server dengan tingkat kesibukan P0 = 0,8349375 dan waktu menunggu 0,7702691 jam dengan biaya total sebesar Rp. 375.145,-. Sedangkan bengkel "AHASS" Waru Jaya Motor II kondisi optimal terjadi pada kondisi server sebanyak enam server dengan tingkat kesibukan P0 = 0,9372876 dan waktu menunggu 1,65626 jam dengan biaya total sebesar Rp. 359.365,-
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Teori antrian, Optimalisasi, Services, Queuing theory, Optimization |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Economics and Business |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/41900 |