Strategi pemasaran terpadu BUMDes menyongsong era society 5.0

Wenny, Murtalingtyas and Bayu, Wijayantini and Taufiq, Sobri (2023) Strategi pemasaran terpadu BUMDes menyongsong era society 5.0. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9 (2): 11. pp. 316-326. ISSN 2460-9471

[thumbnail of 2460-9471_9_2_2023-11.pdf]
Preview
Text
2460-9471_9_2_2023-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB) | Preview

Abstract

Menghadapi dan menyongsong era Society 5.0, penggunaan digitalisasi atau teknologi informasi menjadi perhatian tersendiri dalam aspek-aspek manajemen perusahaan mengenai proses kegiatan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di masa datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa strategi pemasaran terpadu unit usaha BUMDes Kesra memasuki era Society 5.0 dengan berbasis tata kelola manajemen perusahaan yang tepat. Salah satu model bisnis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pemilihan strategi terpadu yang selaras dengan perkembangan marketing di era Society 5.0 adalah Analisis SWOT dan TOWS. Dari 75 Responden, didapatkan hasil penguatan manajemen strategi yang dikembangkan adalah merujuk pada SO (Strength Oportunities), yaitu mengadakan inovasi terhadap produk baru atau mengembangkan produk lama dengan tampilan yang lebih modernt, memberikan jaminan kualitas yang sama sesuai yang telah diterapkan selama ini, Mempertahankan promosi penjualan, terus melakukan inovasi serta megembangkan advertising/iklan dan interaktif marketing dengan konsumen melalui media sosial seperti WA, FB, IG dan sebagainya. Sehingga kendala masih dominannya budaya birokrasi BUMDes akan memanfaatkan teknologi digital dan komunikasi informasi bisa diatasi. BUMDes dalam menghadapi era Society 5.0, sudah sedini mungkin mempersiapkan secara tepat dan cepat memgambail tindakan sesaui kendala dan segala bentuk perubahan lingkungan dan perkembangannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Society 5.0, BUMDes, SWOT, Sustainable development, Electronic commerce, Social entrepreneurship
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Alluya Shafira
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:29
Last Modified: 08 Aug 2024 08:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/41713

Actions (login required)

View Item
View Item