Yudha, Praja (2023) Peranan kepuasan wisatawan dalam memediasi citra destinasi dan fasilitas wisata yang berdampak pada minat kunjung ulang wisatawan Ijen Geopark Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9 (2): 8. pp. 281-295. ISSN 2460-9471
2460-9471_9_2_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (421kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kepuasan wisatawan dalam memediasi hubungan antara citra destinasi dan fasilitas wisata dengan minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark, Bondowoso. Populasi penelitian ini adalah pengunjung ijen Geopark Kabupaten Bondowoso yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dimana peneliti secara selektif memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang relevan. Pertimbangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden dengan usia di atas 17 tahun dan minimal pernah mengunjungi Ijen Geopark sebanyak satu kali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis jalur untuk menguji hubungan antara citra destinasi, fasilitas wisata, kepuasan wisatawan, dan minat kunjung ulang wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan wisatawan memediasi hubungan antara citra destinasi dan fasilitas wisata dengan minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark, Bondowoso. Citra destinasi dan fasilitas wisata secara positif berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Selanjutnya, kepuasan wisatawan juga berpengaruh positif terhadap minat kunjung ulang wisatawan. Temuan ini menunjukkan pentingnya meningkatkan citra destinasi dan fasilitas wisata untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, yang pada gilirannya akan berdampak pada minat kunjung ulang wisatawan di Ijen Geopark.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Fasilitas, Kepuasan Dan Minat Kunjung Ulang, Tourist facilities, Foreign visitors, Customer loyalty |
Subjects: | Urban & Regional Technology & Development Urban & Regional Technology & Development > Social Services Urban & Regional Technology & Development > Recreation |
Depositing User: | Alluya Shafira |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:03 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/41693 |