Peningkatan kompetensi guru SMK Muhammadiyah Kalibawang melalui pelatihan Google Apps for Education (GAFE)

Ika, Arfiani and Nur, Rochmah Dyah Pujiastuti and Dwi, Normawati (2023) Peningkatan kompetensi guru SMK Muhammadiyah Kalibawang melalui pelatihan Google Apps for Education (GAFE). Abdimastek, 2 (2): 2. pp. 55-60. ISSN 2964-092X

[thumbnail of 2964-092X_2_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
2964-092X_2_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (532kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di era digital membutuhkan perubahan paradigma dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Google Apps for Education (GAFE) menjadi salah satu alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pelatihan GAFE terhadap peningkatan kompetensi guru di SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulonprogo. Kegiatan ini menggunakan desain eksperimental pre-test dan post-test. Sebelum pelatihan, dilakukan pengukuran awal kompetensi guru menggunakan kuesioner dan observasi. Setelah itu, menjalani pelatihan intensif GAFE dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari. Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi, hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penerapan GAFE. Guru yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, terlihat peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dari siswa dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan GAFE, Kompetensi, Pengabdian masyarakat, Community services, Competency based teaching, Vocational education, Vocational school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:37
Last Modified: 12 Sep 2024 03:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/41278

Actions (login required)

View Item
View Item