Noer’Aida, Noer’Aida and Irawan, Irawan and Suhendani, Suhendani (2013) KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN PPIN – BATAN. In: Seminar Pengelolaan Perangkat Nuklir dan Pemanfaatan Isotop dan Radiasi, 27 November 2013, PAIR.
Kajian kepuasan pemustaka di PAIR Seminar Pengelolaan Perangkat Nuklir dan Pemanfaatan Isotop dan Radiasi.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN PPIN – BATAN. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka di lingkungan BATAN terhadap layanan yang telah diberikan perpustakaan PPIN. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Populasi dalam kajian ini adalah pegawai BATAN yang sudah memanfaatkan layanan sirkulasi 440 orang, sedangkan yang dijadikan sampel 120 orang. Pengolahan data menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan,diperoleh hasil kepuasan pemustaka terhadap unsur pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan PPIN sebesar 3,515 dengan kategori puas. Sedangkan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan teknis dan administratif sebesar 2,93 dengan kategori cukup puas. Diharapkan, hasil kajian ini dapat meningkatan pelayanan secara keseluruhan dari penilaian puas menjadi sangat puas. Sedang pelayanan teknis dan administratif yang mendapat penilaian cukup puas dapat ditingkatkan menjadi puas atau bahkan sangat puas. Selain itu diperlukan adanya pemberdayaan pustakawan sebagai sumberdaya pengelola perpustakaan dalam melakukan tugas khususnya unsur pelayanan, pembenahan sistem pengelolaan perpustakaan dengan menyeluruh dan dilaksanakan secara periodik agar diperoleh layanan yang optimal. Kata kunci: kepuasaan pemustaka, elayanan perpustakaan, layanan sirkulasi, perpustakaan PPIN sebesar 3,515 dengan kategori puas. Sedangkan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan teknis dan administratif sebesar 2,93 dengan kategori cukup puas. Diharapkan, hasil kajian ini dapat meningkatan pelayanan secara keseluruhan dari penilaian puas menjadi sangat puas. Sedang pelayanan teknis dan administratif yang mendapat penilaian cukup puas dapat ditingkatkan menjadi puas atau bahkan sangat puas. Selain itu diperlukan adanya pemberdayaan pustakawan sebagai sumberdaya pengelola perpustakaan dalam
melakukan tugas khususnya unsur pelayanan, pembenahan sistem pengelolaan perpustakaan dengan
menyeluruh dan dilaksanakan secara periodik agar diperoleh layanan yang optimal.
Kata kunci: kepuasaan pemustaka, pelayanan perpustakaan, layanan sirkulasi, perpustakaan PPIN
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Taksonomi BATAN > Manajemen > Pendayagunaan Informatika > Perpustakaan Taksonomi BATAN > Manajemen > Pendayagunaan Informatika > Perpustakaan |
Divisions: | BATAN > Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir IPTEK > BATAN > Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir |
Depositing User: | Administrator Repository |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 07:38 |
Last Modified: | 31 May 2022 09:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/4127 |