Penyuluhan dan edukasi psychological well-being untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pesisir di Desa Temajuk Kabupaten Sambas

Dwin, Seprian and Nurul, Hidayah and Masmuri, Masmuri and Muhammad, Syafri Fakhruddin (2024) Penyuluhan dan edukasi psychological well-being untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pesisir di Desa Temajuk Kabupaten Sambas. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (4): 20. pp. 1644-1653. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_4_2024-20.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_4_2024-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (369kB) | Preview

Abstract

Psychological Well-Being diasosiasikan dengan kemampuan untuk beradaptasi terhadap kebutuhan perawatan penyakit yang dialami, mempertahankan hubungan sosial dan kemampuan mencegah komplikasi dimasa depan. Tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat pesisir Desa Temajuk tentang Psychological Well-Being. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan dan edukasi tentang Psychological Well-Being. Hasil pengabdian kepada masyarakat didapatkan data tingkat pengetahuan sebelum diberikan penyuluhan yaitu kategori tinggi sebesar 10%, kategori sedang sebesar 33,3% dan kategori rendah sebesar 56,7%. Sedangkan setelah diberikan penyuluhan dan edukasi tentang Psychological Well-Being diperoleh pengetahuan pada kategori tinggi yaitu 76,6% dan kategori sedang yaitu 23,3%. Penyuluhan dan edukasi Psychological Well-Being mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat pesisir di Desa Temajuk.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan psychological well-being, Psikologis masyarakat pesisir, Psychological well-being, Health counseling, Community services
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Psychiatry
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Sep 2024 03:24
Last Modified: 19 Sep 2024 03:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40914

Actions (login required)

View Item
View Item