Grace, Latuheru and Joice, Mailoa (2024) Analisis minat peserta didik dengan tes SDS-Holland. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (4): 18. pp. 1625-1633. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_4_2024-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (395kB) | Preview
Abstract
Pengenalan potensi diri adalah hal yang utama dalam peningkatan jenjang karir seseorang. Seseorang dikatakan adaptif apabila ia mampu bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang ia minati atau gemari. Dengan demikian, penting untuk mengetahui minat seseorang dalam menunjang karirnya kedepan. Di masyarakat banyak sekali permasalahan yang muncul seperti mahasiswa merasa salah jurusan saat berkuliah, ataupun pekerjaan yang dijalani tidak sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari sehingga mengakibatkan stres dan depresi. Permasalahan ini muncul akibat minimnya pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya melakukan pemeriksaan bakat minat. Dengan adanya pemeriksaan psikologis berupa tes bakat dan minat pada siswa akan menambah referensi bagi siswa dalam memilih jurusan saat berkuliah serta memilih pekerjaan sesuai bidang ilmu yang diminati. Dari hasil pemeriksaan didapatkan hasil bahwa siswa di SMA Laboratorium Unversitas Pattimura memiliki minat pada bidang Ilmiah dan matematika. Hal ini menunjukkan bahwa mereka menyukai pekerjaan yang berfokus pada sains eksperimen. Hasil ini kemudian akan diberikan kepada guru dan orang tua sebagai pertimbangan dalam mengarahkan anak untuk memilih masa depannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada siswa SMA Laboratorium Universitas Pattimura.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes minat SDS-Holland, Minat siswa, Student interests, Academic achievement, Competency based teaching |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 07:26 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 07:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40911 |