Analisis penggunaan metode islamic montessori dalam menanamkan nilai islam pada anak di RA Tunas Literasi

Reki, Tri Andriani and Asep, Wijaya and Suriyanti, Suriyanti (2023) Analisis penggunaan metode islamic montessori dalam menanamkan nilai islam pada anak di RA Tunas Literasi. Indonesian Journal of Islamic and Science, 1 (2): 2. pp. 81-92. ISSN 3031-1594

[thumbnail of 3031-1594_1_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
3031-1594_1_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Islamic Montessori dalam penanaman nilai-nilai Islam pada anak di RA Tunas Literasi. Penelitian ini menggunakan objek yang terdiri dari 7 orang guru, dengan 5 pertanyaan. Desain penelitian penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan daftar observasi, wawancara, dan rekaman sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari beberapa langkah yaitu pengumpulan, pengkodean, pengorganisasian, dan interpretasi data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan wawancara, kesimpulan analisis penggunaan metode Islamic Montessori dalam menanamkan nilai-nilai Islam pada anak adalah sebagai berikut: sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai Islami sejak dini pada anak. sebagai landasan dalam menjalani kehidupan, dengan menggunakan metode Islamic Montessori anak lebih mudah memahami nilai-nilai Islam dengan menggunakan prinsip-prinsip metode Montessori yaitu, proses experiential learning, kesiapan lingkungan, dan pendidikan perdamaian. Kelebihan metode Islamic Montessori: menjadikan anak lebih kreatif, mandiri, serta membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Kerugiannya: biaya akan lebih tinggi, dan ruang kelas tidak memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Metode islamic montessori, Nilai-nilai islam pada anak, Islamic education, Kindergarten, Teaching methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Early Siti Shabylla Zahra
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:09
Last Modified: 07 Aug 2024 03:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40456

Actions (login required)

View Item
View Item