Mencetak musisi istimewa

Muhammad, Fajar and Iwan, Nuristanto and Akuisisi Pengetahuan Lokal, - (2024) Mencetak musisi istimewa. [Video]

[thumbnail of 18_ MENCETAK MUSISI ISTIMEWA.mp4] Video
18_ MENCETAK MUSISI ISTIMEWA.mp4

Download (470MB)

Abstract

Film ini terinspirasi dari inovasi yang dilakukan oleh para Guru Musik di SMK Negeri 8 Surakarta, bahwasanya dunia pendidikan belum ada acuan standar metode pengajaran khususnya praktek musik bagi siswa inklusif/istimewa. Kondisi ini mendorong Guru melakukan metode dan prakteknya sendiri untuk mengajar siswa tersebut. Metodenya berupa praktek mendengarkan, menirukan, dan mengekspresikan dengan cara repetitif.Uniknya, setiap siswa inklusif mempunyai karakteristik dan kendalanya masing-masing. Film ini memperlihatkan bagaimana siswa inkusif/istimewa belajar dengan segala keterbatasannya, mengejar standar layaknya siswa reguler, memapankan anggota tubuh dengan meraba dan mendengar. Tangan dan telinga seolah menjadi mata bagi siswa inklusif. Urgensi dan nilai strategis dalam film ini dapat menginspirasi, memberikan contoh, dan membuka pandangan kepada khalayak luas tentang pentingnya sebuah metode ajar bagi siswa inklusif maupun guru pendidik di sekolah lainnya. Memberikan wawasan khalayak bahwa siswa inklusif juga mendapatkan hak yang sama, dicetak, dididik menjadi individu yang mandiri, berkarya, dan tumbuh menjadi SDM yang berkontribusi kepada masyarakat luas sesuai bidangnya. Film ini juga dapat menstimulasi guru-guru lainnya untuk senantiasa mengabdi, berinovasi, serta meningkatkan pelayanannya bagi siswa inklusif.

Item Type: Video
Uncontrolled Keywords: Siswa inklusif, Praktek musik, Metode ajar, Sekolah, Guru musik, Teaching methods, Teachers, Special needs, Children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Muhammad Fajar Putranto
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:23
Last Modified: 22 Jul 2024 03:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40415

Actions (login required)

View Item
View Item