Analisis kemiskinan berdasarkan faktor tingkat pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Aceh

Fitri, Yanti (2023) Analisis kemiskinan berdasarkan faktor tingkat pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Aceh. Indonesian Journal of Islamic and Science, 1 (2): 1. pp. 69-80. ISSN 3031-1594

[thumbnail of 3031-1594_1_2_2023-1.pdf]
Preview
Text
3031-1594_1_2_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan dapat idilihat idari istandar ihidup ilayak, iartinya ikita imelihat iapakah seseorang iatau isuatu keluarga imampu imemenuhi ikebutuhan ipokoknya.iLebih lanjut diartikan ibahwa ikemiskinan adalah ikondisi idimana itidak iterpenuhinya ikebutuhan pokok iatau ikebutuhan idasar isehingga standarihidup layak itidak itercapai. Kebutuhan dasar yangidimaksud seperti imakanan, ipakaian, rumah iatau itempat iberlindung, pendidikan idan ikesehatanPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemiskinan berdasarkan faktor tingkat Pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berpengaruh terhadap kemiskinan provinsi Aceh. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia berpengaruh terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh. Semakin tinggi tingkat pendidikan dan Indeks Pembangunan Manusia maka semakin rendah angka kemiskinan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Pendidikan, Indeks pembangunan manusia, Data collecting, Economic surveys, Human development, Social problems
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Census Studies
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Early Siti Shabylla Zahra
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:39
Last Modified: 07 Aug 2024 02:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40352

Actions (login required)

View Item
View Item