Analisa dampak game online terhadap interaksi sosial siswa menggunaan studi litertur

Putri, Fatimah (2023) Analisa dampak game online terhadap interaksi sosial siswa menggunaan studi litertur. Publikasi Ilmiah: Jurnal Publikasi Ilmiah, 1 (2): 2. pp. 9-14. ISSN 3031-0490

[thumbnail of 3031-0490_2_1_2024-2.pdf]
Preview
Text
3031-0490_2_1_2024-2.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview

Abstract

Game Online cenderung membuat pemain terfokus pada gadget, mengabaikan kegiatan lain seperti belajar, makan, tidur, dan berinteraksi dengan orang lain. Interaksi sosial sangat penting bagi remaja dalam penyesuaian diri, namun remaja yang terlalu terlibat dalam game online cenderung kesulitan berinteraksi sosial, kurang bergaul, memiliki sedikit teman, dan merasa rendah diri. Penelitian studi literasi ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online terhadap interaksi social siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara kecanduan game online dan interaksi sosial remaja tampak jelas dalam beberapa penelitian. Ditemukan bahwa semakin tinggi kecanduan game online, semakin rendah tingkat interaksi sosial pada remaja di SMP Negeri 4 Takengon. Siswa SMP Asisi Tigabinanga juga menunjukkan hubungan antara kecanduan game dan interaksi sosial. Meskipun hubungan tersebut bersifat positif dengan tingkat yang rendah, hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecanduan game online dan kehidupan sosial remaja di SMPN 14 Palembang. Selain itu, hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel kecanduan game online memiliki pengaruh yang cukup tinggi terhadap variabel interaksi sosial di SMP Negeri 5 Kota Jambi.

Item Type: Article
Additional Information: Dampak, Game online, Interaksi sosial, Social adaptation, Video games, Social interaction
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Alluya Shafira
Date Deposited: 06 Aug 2024 09:13
Last Modified: 06 Aug 2024 09:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40246

Actions (login required)

View Item
View Item