Darma, Budi Susilo (2023) Faktor-faktor manajerial yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum. Jurnal Analisis: Jurnal Penelitian Para Pendidik, 1 (1): 5. pp. 29-34. ISSN 3031-1225
3031-1225_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Download (804kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan kurikulum dari perspektif manajerial. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan kepustakaan (library research), yakni penelitian yang berlandaskan pada pandangan para ahli pendidikan. Proses implementasi kurikulum, yang bersifat dinamis dan terus berkembang, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan yang memicu reaksi dari individu yang terlibat dalam hal tersebut. Kehendak untuk melakukan perubahan pada kurikulum mencerminkan kebutuhan dalam bidang pendidikan, sebagai wahana untuk meneruskan kemajuan bangsa dan negara itu sendiri. Keberhasilan kurikulum dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, guru, partisipasi peserta didik, ketersediaan fasilitas dan sumber belajar, serta peran komite sekolah. Faktor-faktor yang berkontribusi pada keberhasilan kurikulum harus berfokus pada upaya meminimalkan dampak negatif. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan kurikulum, penting untuk berkolaborasi dengan kelompok lain dan melakukan uji coba agar faktor-faktor negatif dapat diminimalkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keberhasilan, Kurikulum, Manajerial, Programme of study, Responsibility, Curriculum design, Curriculum development, Curriculum planning |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Alluya Shafira |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:43 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40226 |