Ernawati, Puspita Sari (2023) Dampak game online pada murid sekolah dasar. Jurnal Analisis: Jurnal Penelitian Para Pendidik, 1 (1): 4. pp. 23-28. ISSN 3031-1225
3031-1225_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
Abstract
Penulisan kajian literasi ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan game online di kalangan anak sekolah dasar, dengan fokus pada dampak positif dan negatifnya. Penelitian ini merupakan hasil analisis literatur yang relevan dengan topik pembahasan, dan model artikel ini mengacu pada studi literatur. Hasil analisis dan kajian literatur menunjukkan bahwa fenomena penggunaan game online pada anak sekolah dasar memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positif dari game online mencakup pengembangan keterampilan seperti kerjasama, konsentrasi, penguasaan bahasa Inggris, peningkatan kecepatan, stimulasi kreativitas, pengalaman kesenangan, penguatan kesabaran, dan pengurangan tingkat stres. Sementara itu, dampak negatif dari game online melibatkan risiko kecanduan, munculnya perilaku burukseperti tutur kata kasar selama bermain, dan perilaku negatif seperti menepuk meja, merampas atau mencuri hak orang lain, serta kecenderungan untuk menjadi malas terhadap kegiatan selain bermain game online.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak positif, Dampak negatif, Game online, Behavior change, Primary school students, Video games |
Subjects: | Social and Political Sciences > Psychology Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Alluya Shafira |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 08:35 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 08:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40216 |