Manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri

Edimizwar, Edimizwar and Mawaddatur, Rahmah (2023) Manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri. Indonesian Journal of Islamic and Science, 1 (1): 5. pp. 49-56. ISSN 3031-1594

[thumbnail of 3031-1594_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
3031-1594_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (452kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana hambatan dan solusi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri dan untuk mengetahui bagaimana hambatan dan solusi manajemen sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan (Field Research) yaitu pengumpulan datanya dilakukan dilapangan. Sifat dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang terdapat di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putri. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi data Reduction (reduksi data), data Display (penyajian data), data Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan). Temuan penelitian menginformasikan: Bahwa hambatan manajemen sarana dan prasarana di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putrin ialah kurangnya dana, kurangnya kemampuan SDM, dan keterbatasan sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran. Dan adapun solusi manajemen sarana dan prasarana di dayah Tauthiatuth Thullab Arongan Putrin yaitu: (1) menganalisis kebutuhan dayah dengan banyak bermusyawarah bersama guru-guru yang ada di dayah agar kemampuan SDM untuk kedepannya lebih diperhatikan lagi dan sarana dan prasarana tersebut berguna dan bermanfaat untuk dayah dalam menunjang proses pembelajaran. (2) mengidentifikasi kebutuhan dayah baik melalui pengontrolan secara langsung maupun melaui masukan-masukan serta laporan yang diterima dari staf-staf, guru-guru, dan santri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana dan prasarana, Proses pembelajaran, Educational facilities, Educational management, Islamic boarding school
Subjects: Administration & Management
Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Early Siti Shabylla Zahra
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:33
Last Modified: 06 Aug 2024 05:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40127

Actions (login required)

View Item
View Item