Suhas, Caryono (2023) Upaya peningkatan pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal menggunakan video animasi. Jurnal Analisis: Jurnal Penelitian Para Pendidik, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 3031-1225
3031-1225_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Download (860kB) | Preview
Abstract
Bimbingan klasikal memiliki dampak signifikan dalam layanan Bimbingan dan Konseling, menjadi suatu bentuk pelayanan yang efisien, terutama dalam menangani permasalahan rasio jumlah konseli dan konselor. Media untuk pelayanan bimbingan klasikal mencakup segala bentuk perangkat fisik yang dirancang secara terencana untuk menyampaikan informasi dan membangun interaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal menggunakan video animasi di SMA Negeri 8 Purworejo. Hasil penelitian dan analisis menyimpulkan bahwa setelah kegiatan Pra Siklus, penilaian proses menghasilkan rata-rata persentase sebesar 60%, berada pada kategori Sedang. Setelah melalui kegiatan Siklus 2, penilaian proses menunjukkan peningkatan signifikan menjadi 90%, berada pada kategori Sangat Baik. Sementara pada Pra Siklus, penilaian pemahaman materi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 35%, berada pada kategori Sangat Buruk. Namun, setelah kegiatan Siklus 2, penilaian pemahaman materi meningkat menjadi 91%, mencapai kategori Sangat Baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan klasikal, Video animasi, Pemahaman materi layanan, Learning, Education Video, Teaching methods, Visual learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Alluya Shafira |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 07:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40122 |