Upaya peningkatan pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal menggunakan video animasi

Suhas, Caryono (2023) Upaya peningkatan pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal menggunakan video animasi. Jurnal Analisis: Jurnal Penelitian Para Pendidik, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 3031-1225

[thumbnail of 3031-1225_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
3031-1225_1_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (860kB) | Preview

Abstract

Bimbingan klasikal memiliki dampak signifikan dalam layanan Bimbingan dan Konseling, menjadi suatu bentuk pelayanan yang efisien, terutama dalam menangani permasalahan rasio jumlah konseli dan konselor. Media untuk pelayanan bimbingan klasikal mencakup segala bentuk perangkat fisik yang dirancang secara terencana untuk menyampaikan informasi dan membangun interaksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal menggunakan video animasi di SMA Negeri 8 Purworejo. Hasil penelitian dan analisis menyimpulkan bahwa setelah kegiatan Pra Siklus, penilaian proses menghasilkan rata-rata persentase sebesar 60%, berada pada kategori Sedang. Setelah melalui kegiatan Siklus 2, penilaian proses menunjukkan peningkatan signifikan menjadi 90%, berada pada kategori Sangat Baik. Sementara pada Pra Siklus, penilaian pemahaman materi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 35%, berada pada kategori Sangat Buruk. Namun, setelah kegiatan Siklus 2, penilaian pemahaman materi meningkat menjadi 91%, mencapai kategori Sangat Baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan klasikal, Video animasi, Pemahaman materi layanan, Learning, Education Video, Teaching methods, Visual learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Alluya Shafira
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:42
Last Modified: 06 Aug 2024 07:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/40122

Actions (login required)

View Item
View Item