Saifuddin, Saifuddin and Diana, Diana and Liza, Mutia (2023) Integrasi sistem pendidikan dayah Darussa'adah Cot Tarom Baroh melalui madrasah. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 1 (1): 2. pp. 11-21. ISSN 3031-2388
3031-1594_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (559kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk integrasi dan implikasi sistem pendidikan dayah melalui madrasah di dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk integrasi dan implikasinya terhadap sistem pendidikan dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh melalui madrasah yang didirikan didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian lapangan. Temuan penelitian menginformasikan: bentuk-bentuk integrasi sistem pendidikan dayah Darussa’adah Cot Tarom Baroh melalui Madrasah adalah integrasi ilmu agama dan umum, integrasi kurikulum formal dan non-formal, dan integrasi kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian implikasi dari integrasi tersebut terdapat pada pembelajaran dan kualitas santri. Implikasi terhadap pembelajaran dapat dibuktikan dengan majunya lembaga pendidikan dayah, dayah mampu mengembangkan kurikulum dan potensi santri dari tambahan kurikulum pembelajaran madrasah. Sedangkan implikasi terhadap kualitas santri dapat dibuktikan dengan prestasi yang diraih santri, baik dalam pembelajaran ataupun perlombaan, dan juga bisa dilihat dari sikap spiritual santri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Sistem, Pendidikan, Dayah, Madrasah, Curriculum, Educational integration, Islamic boarding school |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Early Siti Shabylla Zahra |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40065 |