Syarifah, Huriyah and Muhammad, M Ahdad and Ulfiani, Rahman (2023) Penerapan teori operant conditioning dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur'an santri di LPTQ Darul Imam Masjid Agung. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 1 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 3031-2388
3031-1594_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (558kB) | Preview
Abstract
Akhir-akhir ini banyak muncul program menghafal Al-Qur’an yang diterapkan di pesantren, namun belum memiliki formula yang tepat dalam menerapkan program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan teori operant conditioning untuk meningkatkan motivasi menghafal Al- Qur’an santri di LPTQ Darul Imam Masjid Agung Sidrap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data pimpinan, para badal (guru) dan santri. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara selanjutnya akan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri di LPTQ Darul Imam Masjid Agung Sidrap menghafal Al-Qur’an setiap hari mulai dari setelah solat subuh, setelah dhuha, setelah ashar, dan setelah isya. Metode menghafal yang diterapkan adalah metode menghafal Ziyadah dan Murajaah. Teori operant conditioning yang diterapkan untuk meningkatkan motivasi menghafal santri adalah memberikan reward dan punishment.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operant conditioning, Motivasi, Menghafal, Curriculum, Islamic boarding students, Islamic religious education, Islamic boarding schools, Learning motivation |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Early Siti Shabylla Zahra |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:32 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/40027 |