Hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan

Sinta, Prihatini and Diah, Argarini and Rukmaini, Rukmaini and UNSPECIFIED (2024) Hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 29. pp. 1536-1550. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_4_2024-29.pdf]
Preview
Text
2746-198X_4_4_2024-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pada masa usia prasekolah merupakan suatu bentuk proses perkembangan anak yang pasti mengalami perubahan personal sosial secara signifikan, dengan selalu megembangkan kemampuannya dalam bersosialisai dan juga bercakap dengan guru maupun teman sebaya. Dalam bersosialisasi dan bekomunikasi dengan bahasa yang jelas pada anak merupakan salah satu kemampuan yang perlu di kuasai, karena anak-anak terlibat dalam interaksi sosial. Anak-anak yang belum menikah dan yang menggunakan teknologi secara rutin mungkin akan terkena dampak negatif dalam hal perkembangan bahasa dan sosial mereka. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 Tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. Metode Penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan hasil sampel 48 responden. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner penggunaan gadget dan Denver II. Data analisis menggunakan Uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Tk Al-Hikmah jakarta selatan. Hasil penelitian uji Chi-Square diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa perkembangan personal sosial dan aspek bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan gadget. Ada Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan personal Sosial dan Aspek bahasa anak usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, Perkembangan personal sosial, Aspek bahasa, Anak prasekolah, Gadgets, Psychosocial development, Languages, Play groups
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:19
Last Modified: 28 Jun 2024 05:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/39530

Actions (login required)

View Item
View Item