Sinta, Prihatini and Diah, Argarini and Rukmaini, Rukmaini and UNSPECIFIED (2024) Hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 29. pp. 1536-1550. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_4_2024-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (242kB) | Preview
Abstract
Pada masa usia prasekolah merupakan suatu bentuk proses perkembangan anak yang pasti mengalami perubahan personal sosial secara signifikan, dengan selalu megembangkan kemampuannya dalam bersosialisai dan juga bercakap dengan guru maupun teman sebaya. Dalam bersosialisasi dan bekomunikasi dengan bahasa yang jelas pada anak merupakan salah satu kemampuan yang perlu di kuasai, karena anak-anak terlibat dalam interaksi sosial. Anak-anak yang belum menikah dan yang menggunakan teknologi secara rutin mungkin akan terkena dampak negatif dalam hal perkembangan bahasa dan sosial mereka. Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi adanya hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 Tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan. Metode Penelitian ini deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling dengan hasil sampel 48 responden. Instrumen penelitian terdiri dari kuisioner penggunaan gadget dan Denver II. Data analisis menggunakan Uji Chi-Square untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap perkembangan personal sosial dan aspek bahasa pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Tk Al-Hikmah jakarta selatan. Hasil penelitian uji Chi-Square diperoleh nilai p value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa perkembangan personal sosial dan aspek bahasa anak usia prasekolah (4-6 tahun) memiliki hubungan yang signifikan dengan penggunaan gadget. Ada Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan personal Sosial dan Aspek bahasa anak usia Prasekolah (4-6 tahun) di TK Al-Hikmah Jakarta Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan gadget, Perkembangan personal sosial, Aspek bahasa, Anak prasekolah, Gadgets, Psychosocial development, Languages, Play groups |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 05:19 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 05:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39530 |