Titik, Setiyaningrum and Rahayu, Maharani and Hendik, Wicaksono and Anisa, Dwi Febriana and Ricky, Riyanto Iksan and Roza, Indra Yeni (2024) Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam penanganan kegawatdaruratan sekolah di SMK Kesehatan Fahd Islamic School. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 16. pp. 1392-1401. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_4_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (210kB) | Preview
Abstract
Prevalensi kegawatdaruratan disekolah masih cukup tinggi, yang diakibatkan karena kecelakan adalah kejadian yang tidak direncanakan dan tidak dikehendaki oleh setiap individu yang dapat menyebabkan cedera, sakit atau kerusakan material. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam penanganan kegawatdaruratan Sekolah. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan analisa bivariat menggunakan uji t dependent atau paired t test dengan nilai sig < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan keterampilan tindakan kegawatdaruratan sebelum dan setelah pemberian simulasi Pendidikan dengan p-value = 0,000 (p< 0,05) dengan kesimpulan terdapat pengaruh simulasi kegawatdaruratan sekolah terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa di SMK Fahd Islmaic School Bekasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegawatdaruratan, Metode simulasi, Sekolah, Emergency management, Health education, Simulation methods, Vocational education |
Subjects: | Health Resources > Health Education & Manpower Training |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:43 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39509 |