Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam penanganan kegawatdaruratan sekolah di SMK Kesehatan Fahd Islamic School

Titik, Setiyaningrum and Rahayu, Maharani and Hendik, Wicaksono and Anisa, Dwi Febriana and Ricky, Riyanto Iksan and Roza, Indra Yeni (2024) Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam penanganan kegawatdaruratan sekolah di SMK Kesehatan Fahd Islamic School. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (4): 16. pp. 1392-1401. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_4_2024-17.pdf]
Preview
Text
2746-198X_4_4_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (210kB) | Preview

Abstract

Prevalensi kegawatdaruratan disekolah masih cukup tinggi, yang diakibatkan karena kecelakan adalah kejadian yang tidak direncanakan dan tidak dikehendaki oleh setiap individu yang dapat menyebabkan cedera, sakit atau kerusakan material. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa/i dalam penanganan kegawatdaruratan Sekolah. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan analisa bivariat menggunakan uji t dependent atau paired t test dengan nilai sig < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan keterampilan tindakan kegawatdaruratan sebelum dan setelah pemberian simulasi Pendidikan dengan p-value = 0,000 (p< 0,05) dengan kesimpulan terdapat pengaruh simulasi kegawatdaruratan sekolah terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa di SMK Fahd Islmaic School Bekasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kegawatdaruratan, Metode simulasi, Sekolah, Emergency management, Health education, Simulation methods, Vocational education
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:43
Last Modified: 06 Dec 2024 03:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/39509

Actions (login required)

View Item
View Item