Penyuluhan perluasan pemilihan pasar mangga melalui identifikasi potensi dan kendala dalam usahataninya

Elly, Rasmikayati and Endah, Djuwendah and Bobby, Rachmat Saefudin (2024) Penyuluhan perluasan pemilihan pasar mangga melalui identifikasi potensi dan kendala dalam usahataninya. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 105. pp. 959-967. ISSN 2716-0211

[thumbnail of 2716-0211_6_1_2024-105.pdf]
Preview
Text
2716-0211_6_1_2024-105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mangga merupakan salah satu komoditas hortikultur unggulan Indonesia. Potensi tersebut seyogyanya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petaninya, juga dengan produksi yang berlimpah seharusnya mereka dapat melakukan pemilihan pasar bagi mangganya dengan lebih bebas. Tetapi kenyataannya akses pasar para petani masih terbatas, bahkan di pasar ekspor mangga Indonesia masih sangat minim. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan mengindentifikasi Potensi dan kendala dalam pemasaran mangga di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan informasi tersebut adalah dengan metode FGD. Metode yang dilaksanakan melewati beberapa tahap, mulai dari perencanaan, administrasi kegiatan, dan pengumpulan informasi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukan tingginya antusiasme dari para petani mangga dalam mengikuti rangkaian kegiatan, yang ditunjukan dengan banyaknya partisipan dalam kegiatan FGD ini. Kemudahan dalam mendapat modal usaha, terbiasanya menggunakan Teknik budidaya mangga dan persentase mangga yang berkualitas tinggi merupakan Potensi dari usahatani mangga di Kecamatan Panyingkiran. Sedangkan kendala yang sering dihadapi petaninya adalah kondisi cuaca yang tidak menentu sehingga biaya pemeliharan tanaman mangga menjadi mahal dan kualitas mangga menjadi tidak terkontrol. Diharapakan dengan mengetahui potensi dan kendala yang dihadapi, para petani dapat melakukan pemilihan pasar yang lebih luas, tidak hanya tengkulak, bandar, atau pasar tradisional tapi dapat memasarkan mangga juga ke bandar besar, supermarket, pasar luar provinsi dan eksport.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Akses pasar, Petani mangga, FGD, Usahatani mangga, Mango, Farming systems, Marketing, Market
Subjects: Agriculture & Food > Agricultural Economics
Agriculture & Food > Agronomy, Horticulture, & Plant Pathology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Dec 2024 13:15
Last Modified: 05 Dec 2024 13:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/39311

Actions (login required)

View Item
View Item