Eti, Suminartika and Yosini, Deliana and Sulistyodewi, Nur Wiyono (2024) Strategi pemasaran UMKM di Desa Mandalamekar Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 103. pp. 943-951. ISSN 2716-0211
2716-0211_6_1_2024-103.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (612kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah salah satunya pemasaran yang kurang berkembang, salah satu caranya melalui strategi pemasaran yang meliputi strategi distribusi dan strategi produk. Salah satunya strategi distribusi yang dapat digunakan adalah memanfaatkan media social, sedangkan strategi produk dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitasjenis produk. Tujuan pengabdian ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan peserta akan strategi pemasaran terutama penggunaan media sosial dan (2) meningkatkan keterampilan peserta dalam menambah kualitas dan kuantitas jenis makanan. Kegiatan PKM dilaksanakan dari tanggal 6 November sampai 6 Desember 2023. Metoda yang digunakan adalah pelatihan berupa penyuluhan dan demonstrasi dan praktek pengolahan makanan. Peningkatan pengetahuan peserta di analisis secara statistik dengan menggunakan uji t berpasangan pada tarap nyata 5 persen. Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan akan strategi pemasaran terutama menggunakan media sosial dan peningkatan keterampilan pengolahan makanan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Strategi pemasaran, Pengolahan makanan, UMKM, Social media, Marketing techniques, Food processing, Small scale enterprises |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Minority Enterprises |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39309 |