Faderina, Komisia and Maria, Aloisia Uron Leba and Maria, Benedikta Tukan and Maria, Detrisa Inosensia Jeno and Raymond, Fernando Mesugama and Nikola, Tolentini and Sonyatania, Iju and Susana, Oren Leulaleng (2024) Pendampingan praktikum kimia sederhana untuk meningkatkan pemahaman terhadap ilmu kimia dan melatih keterampilan proses sains siswa kelas X dan XI di Panti Asuhan Katolik Sonaf Maneka Kupang. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 86. pp. 790-800. ISSN 2716-0211
2716-0211_6_1_2024-86.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Keterampilan proses berupa keterampilan dalam mengobservasi, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan dapat dilatih melalui penerapan metode praktikum. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan menggunakan praktikum dianggap mampu memberikan motivasi yang baik terhadap minat belajar peserta didik sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang diajarkan khususnya materi kimia yang bersifat abstrak. Berdasarkan wawancara dengan siswa kelas X dan XI di panti asuhan katolik Sonaf Maneka, sekitar 50% siswa kurang memahami konsep ilmu kimia dan kurang terampil dalam melakukan percobaan-percobaan kimia, karena di sekolah mereka belum semua materi kimia terutama materi yang bersifat abstrak, diajarkan melalui praktikum. Dalam pembelajaran kimia di sekolah, hanya materi kimia tertentu saja yang diajarkan melalui praktikum. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan alat dan bahan praktikum di sekolah. Karena itu, pentingnya melakukan praktikum kimia bagi siswa kelas X dan XI di panti asuhan katolik Sonaf Maneka dengan menggunakan alat dan bahan yang digunakan setiap hari atau ditemukan di sekitar yang dapat menggantikan alat dan bahan kimia tertentu sehingga mereka lebih mudah memahami ilmu kimia dan memiliki keterampilan proses sains yang baik melalui praktikum kimia sederhana. Tujuan dari kegiatan ini ialah memberikan pendampingan praktikum kimia sederhana bagi siswa kelas X dan XI di panti asuhan katolik Sonaf Maneka sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik terhadap ilmu kimia dan melatih keterampilan proses sains peserta didik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yakni metode ceramah, praktikum dan diskusi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan pemahaman siswa kelas X dan XI terhadap ilmu kimia pada setiap pertemuan tergolong sedang, yang ditunjukkan dengan nilai N-Gain rata-rata yakni 0,467 dan 0,557. (2) Keterampilan proses sains siswa kelas X dan XI pada setiap pertemuan tergolong baik, yang ditunjukkan dengan persentase kemunculan keterampilan proses sains siswa rata-rata yakni 76,666% dan 77,137%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu kimia, Praktikum kimia sederhana, Keterampilan proses sains, Chemistry education, Secondary school students, Secondary education, Learning methods, Learning processes |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Chemistry |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:44 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 09:44 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/39057 |