Rini, Sudarmanti and Dwi, Purbaningrum and Juni, Alfiah Chusjairi (2024) Memaksimalkan pesan promosi melalui sosial media di Kalangan Organisasi Komunitas Perempuan Tangguh Nasional (Kompeten). Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 70. pp. 636-650. ISSN 2716-0211
2716-0211_6_1_2024-70.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kiprah perempuan dalam usaha kecil rumahan memainkan peranan penting untuk menggerakkan ekonomi rakyat. Geliat mereka perlu untuk dimaksimalkan agar semakin dapat menunjukkan peranannya. KOMPETeN merupakan komunitas perempuan yang dibentuk untuk memaksimalkan peran dan fungsi usaha kecil yang dikelola para anggotanya Usaha kecil yang dikendalikan perempuan dari rumah dapat dioptimalkan dengan memanfaatkan sosial media Tujuan aktivitas pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini merupakan suatu upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Aspek kemampuan mengemas pesan menjadi fokus utama materi pelatihan yang diberikan. Metode pendekatan Appreciative Inquiry digunakan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Pendekatan ini berusaha mengungkap kebutuhan peserta dengan terlebih dahulu melakukan diskusi dan wawancara.. Pelatihan ini dilakukan dengan materi tentang konten kreatif yang bisa membantu meningkatkan usaha penjualan hingga detail penjadwalan kesinambungan konten pemasaran untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Selain itu juga dibahas mengenai proses mengedit sosial media melalui gadget yang digunakan masing-masing peserta meskipun dengan cara sederhana. Pengembangan wawasan bisnis dan contoh pengelolaan dan penyusunan pesan komunikasi melalui sosial media dapat menigkatkan kecakapan dan pengalaman aplikatif bagi para peserta. mengenai kecakapan mengelola bisnis usaha kecil yang dikelola perempuan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usaha perempuan, Appreciative inquiry, Media sosial, KOMPETEN, Social media, Promotion, Marketing techniques, Community services, Businesswomen |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:59 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38964 |