Sosialisasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan

Waska, Warta and Nur, Rizqi Arifin and Depon, Nurul Aida and Ayip, Saripudin (2024) Sosialisasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 65. pp. 582-594. ISSN 2716-0211

[thumbnail of 2716-0211_6_1_2024-65.pdf]
Preview
Text
2716-0211_6_1_2024-65.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (922kB) | Preview

Abstract

Sebagai upaya meningkatkan kualitas lulusan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh menjadi relevan mengingat tantangan besar dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, upaya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tuntutan dunia pendidikan semakin menjadi prioritas. Program PPG hadir sebagai respons atas kebutuhan akan pendidik yang kompeten dan terampil. Namun, masih terdapat gap antara pemahaman akan pentingnya program ini dengan penerimaan dan partisipasi aktif dari mahasiswa FKIP Universitas Galuh. Peran penting FKIP Universitas Galuh dalam menyiapkan calon guru yang berkualitas menjadikan sosialisasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai langkah krusial. Dengan menyadari kebutuhan akan pendidik yang handal, program ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi lulusan agar siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan. Namun, kurangnya pemahaman akan manfaat dan struktur PPG serta minimnya kesadaran akan peran penting guru profesional dalam transformasi pendidikan menjadi tantangan. Oleh karena itu, upaya sosialisasi yang menyeluruh, mendalam, dan berkesinambungan terkait PPG menjadi kunci bagi FKIP Universitas Galuh untuk menginspirasi partisipasi mahasiswa, memperluas pemahaman akan program ini, dan akhirnya meningkatkan kualitas lulusan yang menjadi tulang punggung dunia pendidikan di masa depan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data, terkait dengan teknik pengumpulan pada setiap proses mengacu pada tujuan disetiap tahap, dengan menggunakan teknik wawancara, observasi atau pengamatan, dokumentasi serta pengumpulan instrumen pendukung lain yang dibutuhkan. Secara keseluruhan, dampak dari pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan di kalangan mahasiswa FKIP Universitas Galuh terkait Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Item Type: Article
Additional Information: validasi: ldy
Uncontrolled Keywords: Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Kualitas lulusan, Education, Teachers' backgrounds, Teachers college graduates, Professional ethics
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Dec 2024 10:19
Last Modified: 04 Dec 2024 10:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38955

Actions (login required)

View Item
View Item