Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan buku digital dan read aloud

Ika, Tri Yunianika and Refisa, Ananda and Siti, Hadianti and Brillianing, Pratiwi and Nunung, Supratmi (2024) Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan buku digital dan read aloud. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 8. pp. 59-69. ISSN 2716-0211

[thumbnail of 2716-0211_6_1_2024-8.pdf]
Preview
Text
2716-0211_6_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (811kB) | Preview

Abstract

Peningkatan literasi digital guru merupakan aspek penting dalam menghadapi era digital yang terus berkembang. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru di Tangerang Selatan melalui dua kegiatan, yaitu pelatihan buku digital untuk guru di sekolah menengah pertama dan pelatihan read aloud untuk guru di sekolah dasar. Kedua kegiatan ini terdiri atas tiga Langkah utama, yaitu persiapan, pelatihan, dan pendampingan. Peserta pelatihan buku digital terdiri atas 37 orang guru SMPN di Kota Tangerang Selatan dan peserta pelatihan read aloud sebanyak 46 orang guru SDN di Kota Tangerang Selatan. Tahapan evaluasi kegiatan Pk Mini dilakukan dengan menyebar kuesioner berupa google form pada semua peserta. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa guru-guru merasa puas dengan pelatihan yang telah mereka terima, dan mereka menginginkan pelatihan lainnya yang dapat diikuti secara daring. Kegiatan PKM ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi digital guru-guru SDN dan SMPN di Kota Tangerang Selatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi, Read aloud, Buku digital, Literacy, Electronic books, Competency based teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:54
Last Modified: 28 Oct 2024 04:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38553

Actions (login required)

View Item
View Item