Ika, Tri Yunianika and Refisa, Ananda and Siti, Hadianti and Brillianing, Pratiwi and Nunung, Supratmi (2024) Peningkatan literasi digital guru melalui pelatihan buku digital dan read aloud. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6 (1): 8. pp. 59-69. ISSN 2716-0211
2716-0211_6_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (811kB) | Preview
Abstract
Peningkatan literasi digital guru merupakan aspek penting dalam menghadapi era digital yang terus berkembang. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru di Tangerang Selatan melalui dua kegiatan, yaitu pelatihan buku digital untuk guru di sekolah menengah pertama dan pelatihan read aloud untuk guru di sekolah dasar. Kedua kegiatan ini terdiri atas tiga Langkah utama, yaitu persiapan, pelatihan, dan pendampingan. Peserta pelatihan buku digital terdiri atas 37 orang guru SMPN di Kota Tangerang Selatan dan peserta pelatihan read aloud sebanyak 46 orang guru SDN di Kota Tangerang Selatan. Tahapan evaluasi kegiatan Pk Mini dilakukan dengan menyebar kuesioner berupa google form pada semua peserta. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa guru-guru merasa puas dengan pelatihan yang telah mereka terima, dan mereka menginginkan pelatihan lainnya yang dapat diikuti secara daring. Kegiatan PKM ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi digital guru-guru SDN dan SMPN di Kota Tangerang Selatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Read aloud, Buku digital, Literacy, Electronic books, Competency based teaching |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 04:54 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 04:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38553 |