Pengaruh “Create Bu CaMat” terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika wajib SMA

Nurhayati, Nurhayati (2022) Pengaruh “Create Bu CaMat” terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika wajib SMA. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1 (1): 3. pp. 17-27. ISSN 2964-7622

[thumbnail of 2964-7622_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2964-7622_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku catatan matematika terhadap hasil belajar. Sejak pembelajaran dilakukan secara daring banyak sekali perubahan yang terjadi, tidak terkecuali dalam pembelajaran Matematika. Baik dalam belajar luring maupung daring, salah satu masalah terbesar yang peneliti miliki adalah siswa lupa bagaimana memecahkan berbagai jenis masalah atau keterampilan yang telah diajarkan selama satu tahun (semester ganjil dan genap). Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan hanya menatap layar selama pembelajarnan daring dan tidak mencatat dengan baik materi yang diberikan guru. Kebiasaan baru siswa yang berdampak negatif adalah hanya mencetak atau mengopi materi yang guru berikan tanpa mengulang. Peneliti berupaya melakukan berbagai dan disesuaikan dengan karakteristik siswa hingga akhirnya menemukan satu cara mengatasi masalah ini. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan buku catatan siswa di kelas matematika. Buku catatan siswa dapat dijadikan satu lokasi sentral di mana siswa dapat kembali dan menyegarkan ingatan mereka pada setiap standar yang diajarkan, tanpa harus selalu dijelaskan kembali oleh guru. Adapun pengaruh penerapan “Create Bu CaMat” adalah adanya peningkatan nilai Gain sebesar 0,3859 yang berarti memberikan perubahan pada hasil pembelajaran matematika wajib siswa dengan kategori sedang. Selain itu terjadi peningkatan pada motivasi belajar dan juga rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Buku catatan, Guru, Learning strategies, High school students, Mathematical ability
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Sri Yuniarti
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:48
Last Modified: 09 Aug 2024 07:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38262

Actions (login required)

View Item
View Item