Tri, Wahyuni (2022) Pendidikan karakter pada peserta didik MAN 1 Kota Bekasi pasca pandemi Covid 19 dalam persepektif psikologi pendidikan. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2964-7622
2964-7622_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (127kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pekerjaan rumah bagi para pendidik, terutama dimasa pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) ini menuntut para pendidik bekerja lebih keras untuk dapat menanamkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bukan hanya tugas dari pendidik tetapi semua orang tua harus dapat memberikan pengajaran baik secara akademik maupun secara etika dan moral. Artkel ini menggunakan pendekatan dengan metode studi kasus kualitatif, yang bisa mengetahui informasi yang terjadi terkait Corona Virus Disease (COVID-19) terhadap kebijakan pemerintah melaksanakan pembelajaran secara daring dan memutuskan proses belajar mengajar di rumah. Adapun pendidikan karakter dalam prespektif psikologi pendidikan yang dapat dilakukan pada masa pandemik ini dengan metode memberikan contoh yang baik, rasa tanggung jawab, rasa peduli, dan memotivasi peserta didik sehingga memiliki pribadi yang baik. Setelah pandemi terjadi perubahan besar terhadap karakter pada peserta didik MAN 1 Kota Bekasi. Berdasarkan perspektif psikologi terjadi perubahan pada sikap peserta didik di seluruh Indonesia, khususnya bagi peserta didik MAN 1 Kota Bekasi menjadi lebih tidak acuh, tidak memperhatikan lingkungan, serta kesulitan membangun hubungan pertemanan (individual).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Pandemi Covid-19, Siswa, Educational psychology, Moral development, High school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Sri Yuniarti |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38250 |