Herry, Yoram Mende and Jorry, F. Monoarfa and Oltje, T. Sambuaga (2022) Penerapan model contextual teaching and learning pada pembelajaran materi lingkaran di SMP Negeri 3 Tomohon. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3 (4): 13. pp. 93-103. ISSN 2964-5476
2964-5476_3_4_2022-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian dimaksudkan guna melihat perbedaan hasil rata-rata belajar siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran langsung pada materi Lingkaran. Subjek yang dipergunakan merupakan kelas VIII SMP Negeri 3 Tomohon semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang meliputi satu kelas eksperimen yakni kelas VIII.4 (model pembelajaran Contextual Teaching and Learning) serta satu kelas kontrol yaitu kelas VIII.5 (model pembelajaran langsung). Data diambil dari hasil belajar siswa melalui tes sesudah diberi perlakuan. Hasil post-test pada kelas eksperimen dengan hasil x̅1 = 69,4667 dan hasil post-test pada kelas kontrol dengan hasil x̅ 2 = 59,6923. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk taraf nyata 0,05 menunjukkan nilai thitung = 2,116066 > ttabel = 2,052385 yang berarti H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning masih lebih baik dibanding pada model pembelajaran langsung dalam penerapan pada materi Lingkaran di SMP Negeri 3 Tomohon.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual teaching and learning, Hasil belajar, Lingkaran, Junior high school students, Learning models, Education |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 08:19 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 08:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38204 |