Eneng, Martini and Aji, Noor Nugraha and Poppy, Aprilio Beladona (2022) Internalisasi karakter disiplin peserta didik melalui ekstrakurikuler polisi taruna (Poltar). Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3 (4): 12. pp. 80-95. ISSN 2964-5476
2964-5476_3_4_2022-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, serta memahami penerapan karakter disiplin bagi peserta didik melalui peran dari ekstrakurikuler polisi taruna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Taruna Nusantara Jaya desa Cisomang, Data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitiannya sebagai berikut: 1) kondisi kedisiplinan peserta didik mengalami perkembangan yang lebih baik, tetapi masih ada beberapa peserta didik yang melakukan tindak indisipliner (ringan) diantaranya indisiplner dalam waktu masuk sekolah, rambut panjang, tidak membawa atribut, dan tidak membawa helm saat berkendara, 2) pandangan peserta didik mengenai ekstrakurikuler polisi taruna bahwasannya adalah ekstrakurikuler yang baik terutama dalam hal penekanan kedisiplinan diantaranya kedisiplinan waktu dan tanggung jawab, 3) peran ekskul POLTAR terhadap kedisiplinan peserta didik yaitu dengan melakukan kegiatan pelaksanaan kedisiplinan diantaranya mengawasi, mencatat, memperingatkan, memberi pengarahan dan menindak sesuai intruksi dari pembina dan kesiswaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Disiplin, Ekstrakulikuler polisi taruna, Vocational school, Personality development, Character building |
Subjects: | Administration & Management > Productivity Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 08:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 08:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38195 |