Yulius, Lewa (2022) Implementasi pendekatan supervisi akademik kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi guru di SDK Kojamota. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3 (4): 8. pp. 53-61. ISSN 2964-5476
2964-5476_3_4_2022-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (978kB) | Preview
Abstract
Kompetensi supervisi akademik kepala sekolah terdiri dari tiga aspek yaitu kompetensi dalam menyusun program, melaksanakan, mengevaluasi dan menindaklanjuti temuan-temuan ketika melaksanakan supervisi akademiknya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi guru di SDK Kojamota. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Pada penelitian PTS ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus memiliki empat komponen meliputi: (1) perencanaan, (2) aksi/ tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus I sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,19 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus II sebesar 88,64 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDK Kojamota meningkat melalui implementasi pendekatan supervisi akademik kolaboratif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru, Supervisi akademik, Kolaboratif, Elementary school teachers, Educational supervision, Teacher evaluation |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Administration & Management > Job Training & Career Development |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38133 |