Sisilia, Watu (2022) Penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar ipa dengan materi jenis sumber daya alam siswa kelas IV SDI Habi Kecamatan Kangae. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 3 (4): 7. pp. 41-52. ISSN 2964-5476
2964-5476_3_4_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV melalui penggunaan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV min 2 sikka dengan jumlah peserta didik sebanyak 18 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 4 siswa (40%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (67%). Pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (100%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 83,88. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Habipada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Media benda konkret, Pelajaran ipa, Learning techniques, Learning systems, Learning methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 06:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38117 |