Usability testing pada sistem e-learning Universitas Teknologi Yogyakarta

Restu, Nurraudah and Citra, Nurmalita and Desi, Ayu Rahmadani and Niken, Irma Nuryani and Khayatul, Ilma Ainnelsa and Hesti, Hersinta and Ferida, Yuamita (2022) Usability testing pada sistem e-learning Universitas Teknologi Yogyakarta. Journal of Industrial Engineering, 1 (2): 3. pp. 19-30. ISSN 2809-7809

[thumbnail of 2809-7807_1_2_2022-3.pdf]
Preview
Text
2809-7807_1_2_2022-3.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview

Abstract

E-learning merupakan aplikasi yang menghubungkan antara pendidik dan peserta didik dalam sebuah ruang belajar online, akan tetapi penggunaan e-learning saat submit melalui website masih terdapat kesulitan dikarenakan tampilan yang kompleks sehingga pengguna baru mengalami kesulitan dalam mengakses elearning. Pengukuran laman website e-learning saat submit bertujuan agar mengetahui kualitas website dari sisi pengguna. Pengukuran yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode usability testing, pengujian dengan usability testing (pengujiaan kegunaan) terdapat lima komponen dasar yaitu learanability artinya tingkatan yang dapat dipelajari, efficiency artinya efisien, memorability artinya mudah diingat, error artinya kesalahan yang dilakukan oleh pengguna, dan satisfaction artinya tingkat kepuasan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu website elearning pada saat submit berada pada kriteria baik karena keseluruhan jawaban responden adalah sebesar 70,54% pertanyaan yang mampu dijawab oleh para responden, dan responden tidak dapat menjawab pertanyaan sebesar 29,46%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning methods, Satisfaction, Educational media
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Control Systems & Control Theory
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Sri Yuniarti
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:30
Last Modified: 08 Aug 2024 07:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/38082

Actions (login required)

View Item
View Item