Nur, Aisyah and Azwan, Anwar (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada siswa kelas XII SMAS Guppi Samata Gowa. Konstanta: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 (1): 1. pp. 1-13. ISSN 2987-5374
2987-5374_1_1_2023-1 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMAS GUPPI Samata Kab Gowa yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII dengan jumlah siswa 26 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 82,38 dan pada siklus II mencapai rata-rata 86,15. Standar deviasi pada siklus I adalah sebesar 5,721 dan pada siklus II sebesar 4,315. Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar yang digunakan, perolehan skor hasil belajar matematika siswa yang dikategorikan tuntas pada siklus I adalah sebesar 73,07% dan pada siklus II bertambah menjadi 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar matematika, Model pembelajaran kooperatif tipe example non example, Cooperative learning, Educational development, Mathematics |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Raysa Royyan |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 08:32 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 08:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/38042 |